Di
era ekonomi citra sekarang ini, brand menjadi aset terpenting yang memukau
konsumen dan menentukan sukses atau gagalnya perusahaan. Tak heran, brand-brand
kuat menjadi rebutan pebisnis dan diperjualbelikan sebagai jalan pintas meraih
sukses. Bahkan ada juga yang mencontek, menjiplak, atau sengaja membuat merek
mereka semirip mungkin dengan para competitor mereka yang unggul.
Saya
mengalami langsung kalimat yang ditulis terakhir. Baru-baru ini saya mendapat
BBM dari seorang teman yang memberitahukan bahwa ia menemukan sebuah website
dengan alamat –disamarkan-.blogspot.com.jasa
pembuatan pin. Seketika saya kaget dan langsung menghubungi tim managemen dari
pusat pin dan ternyata tak ada satupun dari anggota tim yang membuat website –disamarkan-.blogspot.com.
Kemudian
saya cek langsung ke TKP dan ternyata
web tersebut benar-benar mirip namanya hanya menambahkan (dot)blogspot(dot)com
saja dan jenis usahanya juga sama. Jelas sekali ini bukan faktor kebetulan/ ketidak
sengajaan karena website www.pusatpinindonesia.com
sudah mengudara sejak tahun 2011 lalu.
Seketika
saya teringat ”What is in a name?” begitu penggalan ucapan William Shakespeare
yang paling banyak dikutip. ”Mawar tetaplah harum meski namanya diganti dengan
apa pun,” lanjut pujangga Inggris ini. William keliru besar. Mawar memang tetap
harum seandainya namanya diganti. Namun, yang dicari orang adalah mawar – bukan
bunga yang beraroma harum, berwarna indah, dan memiliki kelopak berlapis-lapis.
Mawar sudah menjadi representasi dan asosiasi dari keharuman dan keindahan itu
sendiri. Jika namanya diganti, para pecintanya akan menampik dan berpaling
darinya.
Nama, brand atau merek adalah
representasi dan asosiasi sebuah produk – baik mutu, harga, nilai, maupun
gengsinya. Sepotong nama ini bisa berarti banyak. Brand adalah pukau, daya
pikat, pesona sekaligus pembeda produk yang satu dari yang lain. Brand inilah
yang memikat orang hingga mengagumi, memburu dan membeli sebuah produk atau
karya. Tanpa brand yang menancap kuat di benak konsumen, sebuah produk hanyalah
komoditas yang dihargai rendah meski mungkin dari sisi fungsional manfaatnya
sama.
Brand
menjembatani janji perusahaan kepada konsumennya. Alangkah bijaknya jika kita
sebagai pengusaha dapat melakukannya dengan kreatif dan cerdas tanpa harus
menduplikasi dengan konyol dan memalukan. AR
Pemesanan Pin Hubungi Dyah - 085780480298
Website : http://www.pusatpinindonesia.com/
Twitter : @pusatpinindo
Instagram : #pusatpinindonesia
Pin dapat dikirim ke seluruh Indonesia,
Workshop terdapat di Bogor dan Depok
0 komentar:
Posting Komentar