Tempat BIKIN PIN & PESAN PIN Online Murah Cepat Berkualitas - 085780480298 - www.PUSATPININDONESIA.com
Marketing dan Public Relation, Sama atau Tidak? | PUSAT PIN INDONESIA - Tempat Bikin Pin - Pesan Pin Online

Jumat, 30 Mei 2014

Marketing dan Public Relation, Sama atau Tidak?


Banyak yang beranggapan bahwa pekerjaan bidang PR kurang lebih sama dengan marketing. Berikut adalah dua definisi singkat tentang perbedaan antara PR dan marketing menurut Kilgore:

1.       Cara publikasi
Menurut Kilgore, publikasi antara praktisi PR dan marketing itu berbeda. Praktisi PR menggunakan media yang hemat biaya, seperti media sosial, website perusahaan, atau berita yang ditampilkan oleh jurnalis. Semuanya tidak membutuhkan biaya yang terlalu mahal, atau bisa juga gratis. Sedangkan marketing, mereka dipastikan butuh sejumlah dana tertentu untuk mengiklankan produknya. Marketing identik dengan kegiatan promosi, sementara PR tidak. Pemasar juga hanya berorientasi pada meningkatnya jumlah penjualan. Sedangkan PR, mereka menggunakan data mengenai suatu fakta yang berguna untuk kepentingan khalayak.
2.       Jenis pesannya
Tidak seperti pemasar yang membeli kendali penuh terhadap iklan yang ingin disampaikan, para PR lebih membebaskan pesan yang disampaikan oleh para jurnalis terhadap produk mereka. Kilgore menjelaskan, artinya, PR memberikan sebuah pesan yang jujur dan tidak menyesatkan. “Kami tidak memiliki kontrol atas apa atau kapan cerita itu dibuat. Kami juga tidak membantu atau mencoba memblokir kata-kata yang akan digunakan atau yang akan dikatakan tentang organisasi kami, orang-orangnya, dan pesaingnya,” tulis Kilgore pada laman The Huffington Post. Kedekatan hubungan antara PR, marketer, dan advertising memang membuat berbagai pihak bingung membedakan ketiganya. Tapi yang jelas, ketiga divisi ini sebaiknya tidak bekerja sendiri-sendiri. Akan lebih apik bila mereka bekerja sama. Dengan begitu, akan semakin besar pengaruh yang diberikan.
So, menangkap kan apa perbedaan PR dan marketing?intinya harus bersinergi satu sama lain.      –PS-



Sumber: berbagai sumber | Foto: Momentum Careers Advice

Pesan PIN Tetap di www.PusatPinIndonesia.com saja
Sms/Phone ke 0857 8048 0298 (Dyah)
PIN BB 2837 34 E 6

0 komentar:

Posting Komentar