Bagi
Pebisnis UMKM, omzet tiap bualn penting untuk diperhatikan untuk perkembangan
bisnis. Ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan :
1. Target market potensial
Tentukan target market atau
target konsumen yang paling berpotensi untuk meningkatkan omzet. Misalnya
kalangan menengah ke atas (karena produk kita premium) atau kalangan anak-anak
sekolah/mahasiswa karena produk kita memang fokus untuk melayani kebutuhan
siswa/mahasiswa.
2. Rencanakan promosi
Cara selanjutnya untuk
meningkatkan omzet bisnis adalah melakukan perencanaan promosi. Banyak UKM
tidak melakukan perencanaan terlebih dulu ketika akan melakukan promosi
bisnisnya. Merencanakan bisnis bisa dilakukan secara sederhana, misalnya
tetapkan periode waktu promosi, tetapkan list strategi promosi, serta target
yang ingin dicapai.
3. Membuat paket produk
Ada cara untuk membuat konsumen
melakukan pembelian produk kita dalam jumlah besar. Langkah sederhana ini
adalah dengan membuat paket-paket produk. Paket produk ini bertujuan agar
konsumen membeli produk kita lebih dari satu produk, misalnya saja paket
bundling, paket hemat, paket premium ataupun paket-paket saat periode tertentu
(hari besar, hari istimewa)
4. Insentif untuk konsumen
Langkah lainnya yang cukup ampuh
untuk meningkatkan omzet adalah dengan memberikan insentif ke konsumen jika
konsumen tersebut melakukan pembelian berulang atau pembelian dalam jumlah
tertentu. Insentif bisa berupa potongan harga, gimmick hadiah, tambahan bonus,
dan lain-lain.
5. Varian produk
Strategi selanjutnya adalah
dengan melakukan pengembangan produk (product development). Pengembangan produk
ini bisa kita lakukan dengan cara membuat varian produk/jasa yang lebih
variatif. Varian produk ini bisa dalam hal ukuran yang berbeda, fitur yang
berbeda, jenis produk, tipe, serta variasi lainnya. –PS-
Hermas Puspito
Praktisi Pemasaran untuk UKM
Head of @ELCconsulting
@hermaspuspito
Sms/Phone
ke 0857 8048 0298 (Dyah)
PIN BB
2837 34 E 6
0 komentar:
Posting Komentar