Bisnis
yang menggunakan social media sebagai alat promosi harus memikirkan dan memilih
social media mana yang pas dengan karakteristik bisnisnya. Faktor seperti
frekuensi dan jumlah posting bersamaan dengan keterlibatan adalah variabel yang
sangat memengaruhi kesuksesan kampanye. Namun, memilih media sosial yang tepat
untuk melayani audiens target juga sama pentingnya. Berikut adalah contoh media
sosial yang tersedia saat ini :
Facebook
dan Twitter. Media sosial yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi
digunakan sehari hari. Pengguna Facebook yang sudah mencapai lebih dari satu
miliar di seluruh dunia tentu membuat para pemasar menggunakannya untuk
menggapai konsumen hampir di seluruh industri. Twitter juga tak terlalu jauh di
belakang Facebook dengan pengguna yang mencapai 500 juta. Konsekuensinya,
keduanya cenderung menjadi tempat yang tepat untuk memulai kampanye atau
menguji pasar. Kedua media sosial ini bisa diaplikasikan hampir untuk semua
bisnis, tapi Facebook lebih menguntungkan jika bisnis kita menargetkan audiens
perempuan berumur 18-29 tahun. Berdasarkan laporan CMS Wire, sebagian besar
pengguna Facebook adalah wanita dan dewasa muda. Twitter juga populer dengan
audiens muda berumur antara 18-29 tahun.
Google+.
Meskipun jejaring sosial ini tak mendapatkan cukup perhatian beberapa tahun
lalu, namun kini Google+ berkembang dan telah memiliki 500 juta pengguna. Tak
seperti Facebook dan Twitter yang memiliki demografi gender yang seimbang,
Google+ sangat disukai oleh pria. Jadi jika Anda memiliki target bisnis pria,
bisa jadi media sosial yang satu ini ampuh untuk promosi.
Tumblr.
Banyak bisnis yang sudah pernah mendengar nama Tumblr, tapi tidak tahu pasti
apakah media sosial ini cocok dengan kampanye pemasaran mereka. Tumblr
merupakan situs microblogging yang memungkinkan pengguna berbagi macam-macam
konten termasuk teks, gambar, audio, dan link. Interface yang mudah digunakan
menjadi salah satu kesuksesan Tumblr. Aspek mencolok dari situs ini adalah
audiens mudanya. Jika bisnis Anda menargetkan konsumen yang berumur antara 13
hingga 25 tahun, maka Tumblr harus menjadi pertimbangan. Jadi, media sosial
mana yang cocok untuk bisnis Anda? -PS-
Sumber:
Audiencebloom|Editor: Wachid FZ, Ayu
Sms/Phone ke 0857
8048 0298 (Dyah)
PIN BB 2837 34 E 6
0 komentar:
Posting Komentar